Minggu, 26 Juni 2011

Latar Belakang

Pada saat ini kegiatan pemasaran mempunyai peranan yang sangat penting dalam dunia usaha. Kadang-kadang istilah pemasaran ini diartikan sama dengan beberapa istilah, seperti penjualan, perdagangan,dan kontribusi. Kenyataannya, pemasaran adalah konsep yang menyeluruh sedangkan istilah yang lain tersebut hanya merupakan satu bagi satu kegiatan dalam sistem pemasaran secara keseluruhan. Bahwa sebenarnya proses pemasaran itu terjadi atau di mulai sejak sebelum barang-barang di produksi. Kegiatan pemasaran tidak bermula pada saat sebelumnya proses produksi, juga tidak berakhir pada saat proses penjualan di lakukan.
Marketing plan adalah merupakan bagian dari business plan. Yang harus disiapkan seperti dijelaskan adalah waktu situasi perusahaan dan lingkunganya analisa dan penilaian peluang.kalimat dan kelemahan/kendala yg di hadapi di pasar. Seperti di ketahui bahwa pemasaran merupakan kegiatan yg amat penting dalam operasional suatu bisnis. Tidak perduli apakah bisnis tersebut bergerak dalam sektor industri lokal,tingkat menengah, apalagi industri besar. Dunia pemasaran di ibaratkan sebagai suatu medan tempur bagi para produsen dan bagi para pedagang yang bergerak dalam komoditi yang sama, maka perlu sekali diciptakan suatu strategi pemasaran,agar dapat memenangkan peperangan tersebut.
Strategi pemasaran yang dapat dilakukan oleh perusahaan adalah stategi STP (Segmentation, Targeting, dan Positioning). Tujuan pokok strategi segmentasi, targeting, dan positioning adalah memposisikan suatu merek dalam benak konsumen sedemikian rupa sehingga merek tersebut memiliki keunggulan kompetituf berkesinambungan. Sebuah produk akan memiliki keunggulan kompetitif jika produk tersebut menawarkan atribut-atribut determinan (yang penting nilai dan dinilai unik oleh para pelanggan).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar